Nasi Boran, salah satu makanan ikonik Kota Lamongan

Nasi boran adalah salah satu kuliner khas kota Lamongan. Nasi boran sendiri akan dipatenkan oleh Pemerintah kabupaten lamongan karena telah menjadi makanan yang spesial di kalangan warga Lamongan dan memiliki rasa yang  khas yang selalu dicinta dan dirindukan para penikmatnya. Apa yang menjadi ciri khas dari Nasi boran sehingga menjadi sangat populer di wilayah Kabupaten Lamongan?

Nasi boran merupakan nasi racikan khas lamongan yang tidak sulit untuk ditemukan saat kita berkunjung ke kota Lamongan. Karena hamper disetiap sudut kota Lamongan hampir ada penjaja nasi boran ini sepanjang waktu mulai dari pagi hari buat sarapan sampai dengan malam hari ketika perut kita lapar di tengah malam.

Nama nasi boran sendiri berasal dari nama wadah nasi yang terbuat dari anyaman bambu yang dikenal oleh warga Lamongan dengan nama boran. Adapun pelengkap lain yang melengkapi cita rasa nasi boran adalah bumbu, lauk pauk, rempeyek, empuk (tepung yang digoreng) dan peletuk (kacang dan remah nasi aking).

Bumbu dan tampilan nasi boran memang hamper sama dengan nasi bali, akan tetapi ada yang membedakan anatar keduanya yakni bumbu dari nasi boran adalah rempah rempah pilihan yang ditambahkan dengan cabai dan kelapa parut yang sudah dihaluskan. Sedangkan pada bumbu bali tidak menggunakan kelapa parut.

Untuk lauknya, mereka para pejajah nasi boran akan menawarkan berbagai pilihan. Antara lain ada jeroan ayam, ikan bandeng, daging ayam, telor asin, telor dadar, udang, tempe dan tahu. Adapun lauk yang tidak ditemukan pada menu nasi lain yaitu ikan sili. ikan sili adalah salah satu jenis ikan air tawar yang hidup liar di rawa atau sungai dan belum bisa dikembangkan secara masal. Sehingga pilihan lauk ikan sili akan lebih mahal dari pada pilihan lauk yang lainya.

Untuk satu porsinya, biasanya dibandrol dengan harga 10 ribu, tapi khusus untuk menu nasi boran yang dengan lauk ikan sili satu porsinya bisa 15 ribu hingga 25 ribu tergantung dari besar kecil ukuran ikan sili tersebut. Ungkap Tutik.

Dari kekhasanya tersebut maka nasi boran menjadi salah satu icon kuliner  kota Lamongan



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *