Tips mengatur keuangan tiap bulan agar keuangan tidak kacau di akhir bulan

Perkembangan dunia digital sekarang sangat akrab dengan anak-anak usia muda. Semua kegiatan mereka sangat dipengaruhi oleh dunia digital, baik kegiatan yang rutin maupun yang tidak rutin. Kemudahan melakukan akses ke berbagai hal yang akhirnya membuat mereka sering jatuh ke dalam budaya konsumtif. Seperti contoh, ketika mereka merasa haus dan lapar, sebuah penawaran dari aplikasi ojol dengan berbagai promosi menarik setiap hari. Ataupun promosi dan berbagai macam kemudahan yang diberikan aplikasi belanja online dengan berbagai dagangan, mulai dari baju, kosmetik, elektronik dan lain-lain yang membuat mereka menjadi gelap mata. Ingin membeli ini dan itu ditambah dengan menu yang disajikan, termasuk barang berkualitas dan terkenal membuat mereka lebih tertarik untuk berbelanja dan menghabiskan uang mereka.

Terkadang untuk memenuhi keinginan akhirnya mereka menjadi lupa bahwa barang belanjaan mereka telah menggelembung. Akhirnya, ketika uang sudah menipis tetapi kebutuhan lainnya masih ada. Nah, tentu bisa dibuat pusing. Sehingga agar kejadian itu tidak terulang dan tidak membuat anda gigit jari, keuangan perlu dikelola. Caranya? Tenang saja, anda perlu mencoba menerapkan 3 cara berikut dan dijamin membuat anda tenang meskipun anda berada di akhir bulan.

1. Manajemen Kebutuhan Dasar.

Ketika anda memiliki awal bulan. Anda harus segera mengambil serangkaian strategi untuk tidak menghambur-hamburkannya. Salah satunya adalah dengan menyisihkan 50% untuk kebutuhan sehari-hari. Ketika uang tersebut telah anda sisihkan untuk belanja kebutuhan sehari-hari anda dapat merasa lega karena kebutuhan utama sudah terpenuhi.

2. Manajemen Untuk Hiburan dan Belanja

Di era seperti itu, tanpa kita sadari bahwa hiburan adalah termasuk dalam kebutuhan rutin atau pokok setiap orang. Dengan tekanan kerja yang tinggi dan persaingan yang ketat menjadikan hiburan termasuk kebutuhan yang wajib kita anggarkan untuk dipenuhi. Setiap orang membutuhkan rekreasi, atau hanya sekedar makan atau minum di kafe, restoran dan lain lain. Akan tetapi anda harus bisa mengatur agar jangan sampai anggaran yang anda keluarkan untuk hiburan tidak terlalu tinggi yang nantinya bisa menyebabkan anda mengalami kesulitan keuangan di akhir bulan. Dengan adanya pengaturan ini, maka anda akan memiliki batas batas keinginan untuk mengikuti gaya hidup dapat ditekan. Oleh karena itu anda perlu menyisihkan 30% dari anggaran yang anda dapat tiap bulannya.

3. Manajemen untuk Tabungan

Dari semua pendapatan yang anda peroleh, anda harus menyisihkan sebagian untuk ditabung. Berapapun jumlahnya akan sangat bermanfaat dikemudian hari. Anda bbebas memilih dengan cara apa anda menabung atau menginvestasikan uang anda. Karena uang yang dihasilkan akan dapat mewujudkan impian masa depan anda. Apakah itu membangun rumah, membeli mobil, pendidikan anak-anak, menikah dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan semua itu memerlukan perencanaan keuangan yang matang. Dan 20% adalah jumlah prosentase anggaran yang mesti anda sisihkan untuk itu.

Itulah cara mudah untuk mengatur pendapatan anda setiap bulannya. Cobalah untuk rutin membuat perhitungan seperti yang dijelaskna di atas. Sehingga tidak ada istilah lagi tidak punya uang dan kebutuhan di tanggal tua.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *